Nasehat Persahabatan

RENUNGAN PERSAHABATAN

Imam Jalaluddin Ar-Rumi pernah berkata :
“orang yang begitu senang dan nikmat melihat dan memyebut-nyebut kebaikan orang lain bagaikan hidup disebuah taman yang indah. Kesini Anggrek, kesana Melati. Pokoknya, kemana saja mata memandang, yang tampak hanyalah bebungaan yang indah, mekar dan harum mewangi. Dimana-mana yang terlihat hanyalah keindahan. Sebaliknya orang yang gemar melihat aib dan kejelekan orang lain, pikirannya hanya diselimuti dengan aneka keburukan, sementara hatinya hanya dikepung dengan prasangka-prasangka yang buruk. Karena itu, kemanapun matanya melihat adalah ular, kala jengking, duri, dsb. Dimana saja ia berada senantiasa tidak akan pernah dapat menikmati indahnya hidup ini”.

“Demi Dzat yang jiwaku berada dibawah kekuasaan-Nya, tidaklah beriman seorang hamba sampai ia menginginkan kebaikan bagi saudaranya sebagaimana ia menginginkan kebaikan bagi dirinya sendiri.” (HR. An-Nasai)

“Keuntungan hakiki bukanlah sebuah keberhasilan menguntungkan diri sendiri, tapi menguntungkan orang banyak.” (AA Gym)

“Ciri kesuksesan adalah tatkala kita bisa menjadi jalan kesuksesan bagi orang lain.”

“Kita tidak mungkin satu pola karena setiap orang memiliki kecendrungan yang berbeda. yang paling penting menghargai hasil usaha orang lain.”

Satu sama lain saling melengkapi, tak ada yang berhasil kecuali kebersamaan.

“Saling berbagi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai, dan saling berjabat tanganlah kalian, niscaya akan hilang rasa dendam dari diri kalian.” (HR. Ibnu As-Sakir)

Janganlah kau menampakkan kegembiraan atas musibah yang menimpa saudaramu, sebab bisa jadi Allah merahmatinya dan menimpakan bala’ atasmu.” (HR. At-Tirmidzi)

“Sebuah kerugian besar, jika kita mengorbankan orang lain untuk keuntungan pribadi, betapa indahnya hidup ini jika kita saling membantu meringankan beban masing-masing.”

Membebani orang lain bukan merupakan sebuah kebaikan. Sekiranya masih memberikan manfaat bagi orang lain, jangan pernah mengorbankan harga diri dengan membebani orang lain, kecuali jika ia membantu kita secara suka rela, tidak salah menerima kebaikannya.

Bantulah sahabatmu dan saudaramu dengan memberikan shadaqah semampumu dalam bentuk apapun

Kebaikan orang, kita hormati sebagai karunia Allah untuk memperbaiki dan membantu kita, begitu pula kekurangannya kita hormati sebagai ladang amal untuk memperbaiki dari kesalahannya dan membantu kesulitan-kesulitannya

Balaslah sikap buruk dengan sikap baik, apalagi terhadap orang yang telah bersusah payah berbuat baik kepada diri kita, maka balaslah dengan kebaikan.

Janganlah terlalu menyalahkan orang terhadap kesalahan-kesalahannya, mungkin bisa jadi ia melakukan kesalahan karena :
Tidak tahu itu salah
Standarnya ia merasa benar
Tidak tahu cara mengubah kesalahannya
Belum bisa mengubahnya, atau
berbuat salah karena terpaksa

“Memenuhi segala kecocokan dengan hati semua manusia adalah hal yang tidak mungkin kamu capai.”

• Setap orang berproses, karena hidup adalah proses.
• Bagaimanapun tidak ada manusia yang sempurna
• Sikapi segala sesuatu dengan cara yang benar sehingga menghasilkan kebaikan.
Kawan sejati kita adalah mereka yang menunjukkan kekurangan atau kelemahan kita.

Bergaul yang murni adalah bergaul dari hati ke hati dengan ikhlas akan terasa indah dan menyenangkan.

BAgaimanakah Teman kita???
• Seperti udara, selalu dibutuhkan.
• Seperti makanan, tak tak bisa hidup tanpa dirinya, tapi ada yang tidak enak.
• Seperti obat, pahit/tidak sesuai, tapi disaat genting sangat diperlukan.
• Seperti arak, enak sesaat tapi sangat berbahaya bagi kemulyaan diri.
• Seperti bala’ (bencana), selalu menimbulkan perselisihan dan kerugian.

“Waspadalah terhadap teman
kesenangan, anggaplah mereka musuh…Teman selagi ada kenikmatan, musuh kala sirna sgala kenikmatan saat kau lewat…… tak mau membalas salam.”
(An-Nabthi)

Rumus persahabatan :
Niat baik + kebodohan + baik hati= terjebak, terperdaya, tertipu.
Niat Baik + Pikiran positif + Ilmu pengetahuan + Simpatik = Cinta.

Harta, tenaga, waktu dan perhatian dikorbankan demi kemaslahatan bersama.
Hadiah terbaik
Kesetian kepada kawan
Kemaafan kepada musuh
Khidmat kepada pemimpin
Memberi contoh terbaik kepada yang muda
Menhargai orang yang lebih tua
Cinta dan ketaatan kepada pasangan
Kebebasan kepada manusia

Mengajarkan berhitung kepada anak tidaklah sepenting mengajarkan apa yang mesti mereka hitung. (Anonim)
Wanita sangat kuat apabila bersenjatakan kelemahlembutan dirinya.
Jangan malu megatakan apa yang anda sendiri tidak malu memikirkannya” (Montaigne)

Tak ada seorang pun yang lebih baik daripada prinsip hidup yang diyakininya.

Orang yang punya harapan dapat melihat hal-hal yang tidak kelihatan, merasakan hal-hal yang tak dapat diraba dan berusaha menggapai hal-hal yang tidak mungkin.

Bila seseorang bekerja sebagai penyapu jalan, semestinya ia tetap menyapu jalan meski Michelangelo sedang mengecat disana atau bhethoven sedang mengubah lagu, atau Shakespeare sedang menulis puisi. Ia harus tetap menyapu jalan sebaik mungkin sehingga seluruh penghuni surga dan bumi terpesona berkata, “hai ada penyapu jalan yang melakukan pekerjaannya dengan baik”(Martin Luther King)

Orang optimis selalu mengatakan jodoh kita adalah apa yang kita usahakan. Bukan semata-mata pemberian Tuhan. Jodoh adalah rahasia Tuhan
Jangan pernah mengabaikan orang yang anda kasihi.
Karena cinta duri menjadi mawar karena cinta cuka menjelma menjadi anggur segar…. (Cinta, Jalaluddin Ar-Rumi)
Tak ada satupun obat yang bisa menyembuhkan sakit hati kecuali keihlasan.”(pepatah arab)

Mencintai seseorang bukanlah apa-apa
Dicintai seseorang sesuatu
Dicintai oleh orang yang kau cintai sangatlah berabti
Tapi dicintai oleh sang Maha Pencipta adalah segalanya.
Hati anda belum hidup kalau belum pernah mengalami rasa sakit. Rasa sakit karena cinta akan membuka mata hati, bahkan bila hati itu sekeras batu. (Hazrat Inayat Khan)

Apakah hakikat segala keindahan di dunia ini? Mereka laksana ranting yang bergoyang terpantul disungai kecil. Keindahan itu adalah baying-bayang kebun Abadi yang tinggal tak pernah layu di dalam hati insan sejati. (Jalaluddin Rumi)

Tuhan menganugerahi kita wajah, tapi kita harus memberinya ekspresi.(Anon)

Kita datang ke dunia ini sendiri, dan sendiri pula kita meninggalkannya. Di antara pintu masuk dan keluar, kita menghabiskan waktu kita mencari persahabatan.(E.M. Dooling)

Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan.(General Collin Powell)

Sifat cinta sama seperti sifat air dalam tanah. Apabila anda tidak cukup menggali, yang anda peroleh adalah air yang keruh. Apabila anda cukup menggali, yang anda peroleh adalah air yang bersih dan jernih. (HAzrat Inayat khan)

Seorang pemimpin adlah orang yang melihat lebih banyak daripada yang dilihat orang lain, melihat lebihjauh dari pad dilihat orang lain, melihat sebelum orang lain melihat.(Leroy Eims)

Ada yang mengukur hidup mereka dari hari dan tahun. Yang lain dengan denyut jantung, gairah, dan air mata. Tetapi ukuran sejati di bawah mentari adalah apa yang engkau lakukan dalam hidup ini untuk orang lain.(Confucius)

Kegagalan adalah satu-satunya kesempatan untuk memulai lagi dengan lebih cerdik. (Henry Ford).
Apapun fakta yang ada di depan kita tidak lebih penting dari pada sikap kita dalam menghadapinya, karena itulah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan kita. (Norman Vincent Peale)

Sukses bukan nasib. Sukses adalah sesuatu yag hanya dapat dicapai dengan harta, keringat, air mata dan kadang juga darah. Tidak ada orang yang gagal. Yang ada hanya orang yang memutuskan untuk berhenti sebelum mencapai sukses.

Untuk membentuk bibir yang menawan, ucapkan kata-kat yang baik. Untuk mendapatkan mata yang indah carilah kebaikan pada setiap orang yang anda jumpai. Untuk mendapat bentuk badan yang langsing bagikanlah makanan dengan mereka yang kelaparan. Untuk mendapatkan rambut yang indah mintalah seorang anak kecil untuk menyisir rambutnya dengan jemari setiap hari. Untuk mendapatkan sikap tubuh yang indah berjalanlah dengan segala ilmu pengetahuan, dan anda tidak akan pernah berjalan sendirian. Kecantikan wanita terdapat pada mata, cara dia memandang dunia. Karena di matanya terletak gerbang menuju ke setiap hati manusia, di mana cinta dapat berkembang. Kecantikan murni terpancar pada jiwanya yang dengan penuh kasih memberikan perhatian dan cinta yang ia berikan. Dan kecantikan itu tumbuh sepanjang waktu.

Bila ada cahaya dalam jiwa, maka akan hadir kecantikan dalam diri seseorang. Bila ad kecantikan dalam diri seseorang, akan hadir keharmonisan dalam rumah tangga. Bila ada keharmonisan dalam rumah tangga, akan hadir ketertiban dalam Negara. Dan bila ada ketertiban dalam Negara akan hadir kedamaian dunia.
Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Dialah ladang hatimu yang dengan kasih kau taburi dank au pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Kau menhampirinya dikala jiwa membutuhkan kedamaian. Jangan ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa. (Kahlil Gibran)

Hal terindah dalam hidup kita adalah misteri. Misteri adalah sumbr semua seni sejati dan semua ilmu pengetahuan.(Albert INstein)

Amatilah pikiran mu karena ia akan menjadi ucapanmu
Amatilah ucapanmu karena ia akan menjadi tindakanmu
Amatilah tindakan mu karena ia akan menjadi kebiasaanmu
Amatilah kebiasaanmu karena ia akan menjadi karaktermu
Amatilah karaktermu karena ia akan menjadi nasibmu
Diatas semua itu Amatilah dirimu hanya mereka yang menganal dirinyalah yang akan mencapai ketenangan yang sesungguhnya.
Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin. (Elementa CHemiae “The Onliest and The Deepest Secreets of medical art ”Rahasia paling dalam dan satu-satunya seni dalam pengobatan$20.000)

Persahabatan adalah hal tersulit untuk dijelaskan di dunia ini. Dan ini bukan soal apa yang anda pelajari di sekolah. Tetapi bila anda tidak pernah belajar makna persahabatan, anda tidak pernah belajar apapun. (Muhammad Ali)

Tak ada musuh yang tak dapat ditaklukkan oleh cinta
Tak ada penyakit yang tak dapat disembuhkan oleh kasih sayang
Tak ada permusuhan yang tak dapat dimaafkan oleh ketulusan
Tak ada ketulusan yang tak dapat dipecahkan oleh ketekunan
Tak ada batu keras yang tak dapat ditaklukkan oleh kesabaran

Semakin tua semakin aku menyadari dampak adri sikapku terhadap diriku sendiri. Sikap menurutku, lebih penting daripada fakta, lebih penting daripada masa lalu, daripada pendidikan, daripada uang daripada lingkungan, daripada kegagalan, daripada keberhasilan, daripada apa yang orang lain pikirkan, katakana atau lakukan. Lebih penting daripada penampilan, hadiah, ataupun keterampilan. Sikaplah yang membangun atau menghancurkan perusahaan, rumah ibadah, ataupun rumah. (Charles Swindoll)

3 sifat manusia yang merusak: kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan.(Nabi Muhammad SAW.)

Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan yang ia lakukan, dan ia akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda. (Dale Carnegie)

Jika anda mampu menegakkan kepala dengan senyuman dibibir and merasa benar-benar bahagia, anda memiliki keistimewaan tersendiri, karena sebagian besar orang tidak memperoleh kenikmatan tersebut.

Dalam masalah nurani, pikiran pertamalah yang terbaik.
Dalam masalah kebijaksanaan pikiran terakhirlah yang terbaik.(Robert hall)

Lumayan hari ini kita mendapat rezeki satu jagung bakar, mereka menyebutkannnya sebagai rezeki, bukankah dengan demikian sinenek tua itu kehilangan sebagian penghasilannya yang tak seberapa? Kenapa ia tak terpanggil untuk membalas pemberian itu dengan sesuatu yang lebih dari sekedar rasa terima kasih. Memang menerima menyenangkan. Namun memberi dengan tulus lebih membahagiakan. Hatinya sangat terang jauh lebih terang dari lampu yang menerangi temaram senja ini.

Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebalumnya. (Alexander Pope)

Kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah. (Thomas Alva Edison)

Kebanggaan kita terbesar adlah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. (Confusius)
“manusia hidup lalu menderita, kemudian mati. Satu-satunya hal yang tetap bertahan adalah cinta.”

Janganlah mencoba memaksa melakukan segala sesuatu. Berikan kehangatan dan keramahan, ia akan menggapinya.

Save our soul SOS tiga titik tiga garis dan tiga titik. (Pertama kali pada kapal Titanic)

Orang yang luar biasa itu sederhana alam ucapan tetapi hebat dalam tindakan. (Confusius)

Pengalaman bukanlah apa yang terjadi pada diri kita. Tapi apa yang kamu lakukan pada saat itu.(Aldous Huxley).

Kita menilai dengan mengukur apa yang kita rasa mampu untuk kita kerjakan. Orang lain menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita lakukan. Henry Wadsworth Longfellow)

Hanya waktulah yang tahu berapa nilai sesungguhnya dari cinta.

Ambillah waktu untuk berpikir, itu adalah sumber kekuatan
Ambillah waktu untuk beriman itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi
Ambillah waktu untuk berdoa itulah sumber ketenangan.
Ambillah waktu untuk belajar itu adalah sumber kebijaksanaan
Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan
Ambillah waktu untuk bersahabat itu adalah jalan menuju kebahagiaan
Ambillah waktu untuk tertawa itu adlah musik yang menggetarkan hati
Ambillah waktu untuk memberi itu adalah membuat hidup terasa berarti
Ambillah waktu untuk bekerja itu adlah nilai keberhasilan
Ambillah waktu beramal itu adalah kunci menuju surga

8 kado terindah
1. Kehadiran
2. mendengarkan
3. diam
4. kebebasan
5. keindahan
6. tanggapan positif
7. kesediaan mengalah
8. senyuman
memberikan kebebasan bukan berarti “kau bebas berbuat semaumu” lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberi kepercayaan penuh untuk bertanggungjawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

Sekelompok siswa kelas geografi sedang mempelajari “tujuh keajaiban Dunia”.PAda wal dari pelajaran, mereka diminta untuk membuat daftar apa yang mereka piker merupakan tujuh keajaiban dunia saat ini, walaupun ada beberapa ketidak sesuaian, sebagian besar daftar berisi;
1. piramida
2. tajmahal
3. tembok besar cina
4. menara pisa
5. kuil Angkor
6. menara Eiffel
7. Kuil Parthenon
Setelah mengumpulkn daftar pilihan sang guru memperhatikan seorang gadis yang pendiam, yang belum mengumpulkan kertas kerjanya. Jadi, sang guru bertanya kepadanya apakah dia mempunyai kesulitan dengan daftarnya
Gadis pendiam itu menjawab,
Ya sedikit, saya tidak bisa memilih karena sangat banyaknya.
Sang guru berkata, baik katakan pada kami apa yang kamu miliki dan mungkin kami bisa membantu memilihnya.
Gadis itu ragu sejenak, kemudian membaca, saya pikir, tujuh keajaiban dunia adalah
1. bisa melihat
2. bisa mendengar
3. bisa menyentuh
4. bisa menyayangi
5. bisa merasakan
6. bisa tertawa
7. bisa mencintai

kegagalan dapat dibagi dua sebab. Yakni orang yang berpikir tapi tidak bertindak, dan orang yang bertindak tapi tidak berpikir. (WA. Nance) sebagian orang mengatakan kesempatan hanya datang satu kali. Itu tidak benar. Kesempatan itu selalu datang tetapi anda harus siap menganggapinya. (Louis L’amour)

Maulana & Hery

Ashabul yamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: